Sejarah Singkat

ERA PENDIRIAN

Taman Cakti Buddhaja, adalah Nama Yayasan yang membidangi lahirnya SMEA Santo Thomas.

Pada tanggal 1 Agustus 1958 secara resmi didirikan oleh bapak Ignatius Agus Suhadi, seorang tokoh PMKRI adalah satu-satunya sekolah menengah kejuruan ekonomi swasta di D I Istimewa Jogjakarta (dahulu hanya ada SMEA Negeri I, II, SMEA Negeri Koperasi di bawah Departemen Koperasi).

Beralamat di jalan Bintaran Kidul no. 18, awal berdirinya dengan perolehan 1(satu) kelas kecil dengan 11 orang siswa. Untuk pendukungan proses kegiatan, mengurangi efek psikologis, maka secara ber – samaan dibuka juga SMA Santo Ignatius (Bagian C) dengan kepala sekolah BP. Johanes Soepomo
( 1958 – 1960 ).

ERA PENGEMBANGAN

Di tahun 1960-an SMEA Santo Thomas mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat, menerima 6(enam) kelas, 4(empat) kelas jurusan Tata Niaga dan 2(dua) kelas jurusan Tata Buku.

Seiring bertambahnya siswa, pelayanan pendidikan menjadi focus utama. Dalam era ini terjadi perubahan nama pada tanggal 9 Mei 1964 dengan Akte Notaris R.M. Soeryanto Partaningrat, SH, wakil notaris sementara di Jogjakarta, menetapkan perubahan nama Yayasan Taman Cakti Buddhaja menjadi Yayasan Marsudi Luhur sehingga SMEA Santo Thomas pun berubah menjadi SMEA Marsudi Luhur.

Di era ini sekolah mendapatkan kepercayaan penuh dari pemerintah menjadi Sekolah Bersubsidi Penuh.
Sekolah ini pernah mendapatkan bimbingan dari para Kepala sekolah antara lain :

  • Drs. Fx. Soeharto (1960 – 1963)
  • Drs. J. Sugito (1963 – 1965)
  • Drs. Bambang Sudarto (1965 – selama 6 bulan)
  • Fx. Suadiyono, B.Sc. (1965 – 1967)
  • Drs. I.M. Sugeng (1967 – 1972)
  • Drs. J. Suharto (1972 – 1978)
  • Drs. E. Sunaryo (1978 – 2002)
  • Drs. J. Suharto (2002 – 2004)
  • Dra. Luh Komang Sri Budiastuti (2004 – sekarang)

ERA TANTANGAN

Seiring berkembangnya zaman, tumbuhnya banyak sekolah swasta sejenis, mewarnai pasang surutnya kehidupan SMK Marsudi Luhur 1 secara eksternal. Tuntutan Mutu / kualitas pelayanan menjadi kunci perhatian yang harus selalu diutamakan.

Bersumber pada 4(empat) Kebijakaan Yayasan Marsudi Luhur, yaitu :

Luhur dalam Cita-cita, Unggul dalam mutu, Prima dalam penampilan dan Menang dalam pelayanan

Fokus pelayanan dilaksanakan untuk menjadikan siswa anak yang baik, cerdas, pintar dan trampil sehingga kemudian mampu menjadi pribadi yang mandiri.
Dengan komitmen pelayanan :

Kecil, Indah dan bermanfaat, kami berusaha tetap ada, membantu orang tua menghantar putra / putri menuju masa depan yang lebih baik

SMK Marsudi Luhur membuka diri, membekali siswa dengan ketrampilan aplikatif bekerja sama dengan PIKA Semarang, Universitas Sanata Dharma Jogjakarta, ASMI Santa Maria, Universitas Atma Jaya, Universitas Teknologi Jogjakarta ( UTJ ) Instansi Negeri maupun Swasta dan masih banyak lainnya. Dijembatani Komite Sekolah (Drs. Rubiyanto dan M. Sukmono, S.Pd, MM) Link and Match mulai dibangun.

Berkat Rahmat Tuhan yang maha kasih, gempa besar melanda Jogjakarta ditahun 2006, diantara kesulitan yang terjadi, karena campur tangan Tuhan, kondisi gedung yg rusak berat dapat segera diperbaiki melalui bantuan Jogja School Recovery. Dengan tempat yang lebih nyaman kami berharap dapat melayani dengan lebih baik.

Kemampuan bahasa siswa ditambah dengan bahasa Mandarin bahkan mendapat Native Speaker dari RRC pada tahun 2007. Meraih Kejuaraan dalam lomba Ketrampilan Siswa di tingkat sekolah swasta di DIY, juara baca puisi Mandarin, juara Story Telling, juara Cerdas Tangkas Koperasi dan masih banyak penghargaan yang lain.
Perbaikan manajemen keuangan dilaksanakan bekerjasama dengan LPMM Universitas Sanata Dharma dengan SIMAS nya.

ERA PENGGABUNGAN

Pada tahun 2013 SMK Marsudi Luhur II Jogjakarta yang mempunyai Kopetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Audio Video yang saat itu dipimpin oleh bapak M. Bambang Priyadi, S.Pd dan SMK Marsudi Luhur I Jogjakarta yang memiliki Kopetensi Keahlian Administrasi Perkantoran, Akuntansi dan Perbankan yang dipimpin oleh ibu Dra. Luh Komang Sri Budiastuti dengan pertimbangan dan petunjuk dari ketua Yayasan Marsudi Luhur Jogjakarta, bapak Ign. Agus Suhadi, SH akan digabung dengan nama SMK Marsudi Luhur I Jogjakarta dengan pimpinan ibu Dra. Luh Komang Sri Budiastuti sampai sekarang dengan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Audio Video, Administrasi Perkantoran, Akuntansi dan Perbankan yang beralamat di Jalan Bintaran Kidul no. 6 Jogjakarta Telepon (0274) 373866 menempati SMK Marsudi Luhur II Jogjakarta yang dulu.