Kompetensi Keahlian SMK Marsudi Luhur I Yogyakarta
Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat SMK Kota Yogyakarta Tahun 2018, Cabang Lomba Bulutangkis dan Atletik
Ekspo Pendidikan dan Promosi SMK Marsudi Luhur I Yogyakarta di SMP Stella Duce 2 Yogyakarta
Loma Memasak “Creation Of Fish”, yang diselenggarakan oleh Kampus akparda Yogyakarta
Lomba Literasi Aksara Jawa bagi Siswa SLTA Se DIY yang diselenggarakan oleh Bebadan Museum Puro Pakualaman Yogyakarta
Bimbingan dan Konseling
TUJUAN
Tujuan pelayanan bimbingan adalah agar siswa dapat:
Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupannnya di masa yang akan datang
Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin
Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan maasyarakat serta lingkungan kerjanya
Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat maupun lingkungan kerja
FUNGSI
Fungsi Pemahaman
Fungsi bimbingan dan konseling membantu siswa agar memiliki pemahaman terhadap dirinya ( potensinya ) dan lingkungannya ( pendidikan, pekerjaan dan norma agama). Berdasarkan pemahaman ini, siswa diharapkan mampu mengembangkan potensi dirinya secara optimal dan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan secara dinamis dan konstruktif
Fungsi Fasilitasi
Fungsi bimbingan dan konseling membantu memberikan kemudahan kepada siswa dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serasi, selaras dan seimbang seluruh aspek dalam diri siswa
Fungsi Penyesuaian
Fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu siswa agar dapat menyesuaikan diri dengan diri dan lingkungannya secara dinamis dan konstruktif
Fungsi Penyaluran
Fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler, jurusan atau jabatan yang sesuai dengan minat, bakat, keahlian dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Dalam melakukan fungsi ini, siswa perlu bekerjasama dengan pendidik lainnya di dalam maupuan di luar lembaga pendidikan.
Fungsi Adaptasi
Fungsi bimbingan dan konseling membantu para pelaksana pendidikan, kepala sekolah dan staf, guru BK dan guru mata pelajaran untuk menyesuaikan program pendidikan terhadap latar belakang pendidikan, minat, bakat, keahlian dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Dalam melakukan fungsi ini, konselor perlu bekerjasama dengan pendidik lainnya di dalam maupuan di luar lembaga pendidikan.
Fungsi Pencegahan
Fungsi bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan upaya guru BK untuk senantiasa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan berupaya untuk mencegahnya, supaya tidak dialami oleh siswa. Melalui fungsi ini guru BK memberikan bimbingan kepada siswa tentang cara menghindari diri dari perbuatan atau kegiatan yang membahayakan dirinya. Adapun teknik yang dapat digunakan adalah pelayanan orientasi, pelayanan informasi dan pelayanan bimbingan kelompok. Beberapa masalah yang perlu diinformasikan kepada para siswa dalam rangka mencegah terjadinya tingkah laku yang tidak diharapkan diantaranya bahaya minuman keras, merokok, penyalahgunaan obat-obatan, drop out, dan pergaulan bebas.
Fungsi Perbaikan
Fungsi bimbingan dan konseling untuk membantu siswa sehingga dapat memperbaiki kekeliruan dalam berfikir, berperasaan dan bertindak ( berkehendak )
Guru BK melakukan intervensi ( memberikan perlakuan) terhadap siswa supaya memiliki pola berfikir yang sehat, rasional dan memiliki perasaan yang tepat sehingga dapat mengantarkan mereka pada tindakan atau kehendak yang produktif dan normatif.
Fungsi Penyembuhan
Fungsi bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif, fungsi ini berkaitan erat dengan upaya pemberian bantuan kepada siswa yang mengalami masalah, baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar maupun karir. Teknik yang dapat digunakan adalah konseling dan remedial teaching
Fungsi Pemeliharaan
Fungsi bimbingan dan konseling untuk membantu siswa supaya dapat menjaga diri dan dapat mempertahankan situasi kondusif yang telah tercipta dalam dirinya. Fungsi ini memfasilitasi siswa agar terhindar dari kondisi- kondisi yang akan menyebabkan penurunan produktivitas diri. Pelaksanan fungsi ini diwujudkan melalui program-program yang menarik, rekreatif dan fakultatif ( pilihan) sesuai dengan minat siswa.
Fungsi Pengembangan
Fungsi bimbingan dan konseling yang sifatnya lebih proaktif dari fungsi-fungsi lainnya. Guru BK senantiasa berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif yang memfasilitasi perkembangan siswa. Guru BK dan personel sekolah lainnya secara sinergis sebagai teamwork berkolaborasi atau bekerjasama merencanakan dan melaksanakan program bimbingan secara sistimatis dan berkesinambungan dalam upaya membantu siswa mencapai tugas-tugas perkembangannya. Teknik bimbingan yang dapat digunakan disini adalah pelayanan informasi, tutorial dan diskusi kelompok atau curah pendapat, home visit, karya wisata
PELAYANAN DASAR
Pelayanan dasar bimbingan dan konseling yang mencakup kegiatan pelayanan bimbingan klasikal, layanan orientasi, layanan informasi, layanan bimbingan kelompok dan himpunan data
PELAYANAN RESPONSIF
Pelayanan Responsif bimbingan dan konseling yang mencakup kegiatan pelayanan konseling individu, pelayanan konseling kelompok, pelayanan alih tangan kasus, pelayanan konsultasi, kunjungan rumah dan konfernsi kasus.
Event Terkini
Berita Terkini
Jadwal Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas XII
Jadwal Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas XI
Jadwal Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas X
Jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun Pelajaran 2018/2019
Jadwal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer Tahun Pelajaran 2018/2019