Bimbingan dan Konseling

TUJUAN

Tujuan pelayanan bimbingan adalah agar siswa dapat:

Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupannnya di masa yang akan datang

Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin

Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan maasyarakat serta lingkungan kerjanya

Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat maupun lingkungan kerja

FUNGSI

Fungsi Pemahaman

Fungsi bimbingan dan konseling membantu siswa agar memiliki pemahaman terhadap dirinya ( potensinya ) dan lingkungannya ( pendidikan, pekerjaan dan norma agama). Berdasarkan pemahaman ini, siswa diharapkan mampu mengembangkan potensi dirinya secara optimal dan menyesuaikan dirinya dengan lingkungan secara dinamis dan konstruktif

Fungsi Fasilitasi

Fungsi bimbingan dan konseling membantu memberikan kemudahan kepada siswa dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serasi, selaras dan seimbang seluruh aspek dalam diri siswa

Fungsi Penyesuaian

Fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu siswa agar dapat menyesuaikan diri dengan diri dan lingkungannya secara dinamis dan konstruktif

Fungsi Penyaluran

Fungsi bimbingan dan konseling dalam membantu siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler, jurusan atau jabatan yang sesuai dengan minat, bakat, keahlian dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Dalam melakukan fungsi ini, siswa perlu bekerjasama dengan pendidik lainnya di dalam maupuan di luar lembaga pendidikan.

Fungsi Adaptasi

Fungsi bimbingan dan konseling membantu para pelaksana pendidikan, kepala sekolah dan staf, guru BK dan guru mata pelajaran untuk menyesuaikan program pendidikan terhadap latar belakang pendidikan, minat, bakat, keahlian dan ciri-ciri kepribadian lainnya. Dalam melakukan fungsi ini, konselor perlu bekerjasama dengan pendidik lainnya di dalam maupuan di luar lembaga pendidikan.

Fungsi Pencegahan

Fungsi bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan upaya guru BK untuk senantiasa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan berupaya untuk mencegahnya, supaya tidak dialami oleh siswa. Melalui fungsi ini guru BK memberikan bimbingan kepada siswa tentang cara menghindari diri dari perbuatan atau kegiatan yang membahayakan dirinya. Adapun teknik yang dapat digunakan adalah pelayanan orientasi, pelayanan informasi dan pelayanan bimbingan kelompok. Beberapa masalah yang perlu diinformasikan kepada para siswa dalam rangka mencegah terjadinya tingkah laku yang tidak diharapkan diantaranya bahaya minuman keras, merokok, penyalahgunaan obat-obatan, drop out, dan pergaulan bebas.

Fungsi Perbaikan

Fungsi bimbingan dan konseling untuk membantu siswa sehingga dapat memperbaiki kekeliruan dalam berfikir, berperasaan dan bertindak ( berkehendak )
Guru BK melakukan intervensi ( memberikan perlakuan) terhadap siswa supaya memiliki pola berfikir yang sehat, rasional dan memiliki perasaan yang tepat sehingga dapat mengantarkan mereka pada tindakan atau kehendak yang produktif dan normatif.

Fungsi Penyembuhan

Fungsi bimbingan dan konseling yang bersifat kuratif, fungsi ini berkaitan erat dengan upaya pemberian bantuan kepada siswa yang mengalami masalah, baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar maupun karir. Teknik yang dapat digunakan adalah konseling dan remedial teaching

Fungsi Pemeliharaan

Fungsi bimbingan dan konseling untuk membantu siswa supaya dapat menjaga diri dan dapat mempertahankan situasi kondusif yang telah tercipta dalam dirinya. Fungsi ini memfasilitasi siswa agar terhindar dari kondisi- kondisi yang akan menyebabkan penurunan produktivitas diri. Pelaksanan fungsi ini diwujudkan melalui program-program yang menarik, rekreatif dan fakultatif ( pilihan) sesuai dengan minat siswa.

Fungsi Pengembangan

Fungsi bimbingan dan konseling yang sifatnya lebih proaktif dari fungsi-fungsi lainnya. Guru BK senantiasa berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif yang memfasilitasi perkembangan siswa. Guru BK dan personel sekolah lainnya secara sinergis sebagai teamwork berkolaborasi atau bekerjasama merencanakan dan melaksanakan program bimbingan secara sistimatis dan berkesinambungan dalam upaya membantu siswa mencapai tugas-tugas perkembangannya. Teknik bimbingan yang dapat digunakan disini adalah pelayanan informasi, tutorial dan diskusi kelompok atau curah pendapat, home visit, karya wisata

PELAYANAN DASAR

Pelayanan dasar bimbingan dan konseling yang mencakup kegiatan pelayanan bimbingan klasikal, layanan orientasi, layanan informasi, layanan bimbingan kelompok dan himpunan data

PELAYANAN RESPONSIF

Pelayanan Responsif bimbingan dan konseling yang mencakup kegiatan pelayanan konseling individu, pelayanan konseling kelompok, pelayanan alih tangan kasus, pelayanan konsultasi, kunjungan rumah dan konfernsi kasus.